Sabtu, 21 Maret 2015

Square Enix sebagai perusahaan multinasional

Pasti kalian tak asing lagi dengan beberapa judul game seperti Final Fantasy Series, Dragon Quest Series, dan Star Ocean Series. Yap judul game diatas tak lain adalah buatan dari Square Enix, sebuah perusahaan dalam bidang pengembangan video game dan publisher. Tapi dibalik kesuksesan ini ternyata terdapat sejarah yang menarik yang tak semua orang tahu, nah pada kesempatan akan di bahas asal mula Square Enix dan perkembangan sampai bisa menjadi perusahaan multinasional.

Pada dasarnya Square Enix merupakan merger dari 2 perusahaan yang berbeda yaitu Square dan Enix, disini Enix lah yang menyerap Square.

Enix



Perusahaan ini awalnya bernama "Eidansha Boshu Service Center" yang didirikan pada tanggal 22 September 1975 oleh Yasuhiro Fukusima. Pertama kalinya, Enix hanya publisher, bukan pencipta game seperti sekarang. Saat awal didirikan, Enix hanya mensponsori lomba programing di Jepang. Dari 300 programmer yang ikut, ada 2 nama yang merupakan tonggak keberhasilan dalam penjualan Game Enix, yaitu Koichi Nakamura dan Yuji Horii. Koichi yang memenangkan kontes tersebut dengan judul game Door Door diterbitkan oleh Enix sebagai game stand-alone Enix. Lalu, kedua programmer ini membentuk perusahaan yang bernama Chunsoft yang selanjutya dikenal dengan pembuat Dragon Quest Series.

7 tahun kemudian, Eidansha Boshu Service Center diganti jadi Enix Corporation. 4 tahun kemudian, tepatnya tahun 1986, Enix mengeluarkan game andalannya sampai saat ini, yaitu Dragon Quest yang langsung booming di Jepang untuk NES(Nintendo Entertaiment System) yang pendesignnya adalah pengarang manga terkenal "DragonBall" hingga saat kini yaitu Akira Toriyama.Setahun kemudian, diterbitkan juga Dragon Quest II, dilanjuti dengan Dragon Quest III pada tahun berikutnya, dan berlanjut sampai yang terbaru.

Square Co., Ltd. 



Square Co., Ltd. dulu merupakan sebuah perusahaan permainan video Jepang yang didirikan tahun 1983 oleh Masafumi Miyamoto dan Hironobu Sakaguchi.

Permainan-permainan pertama Square dirilis untuk Nintendo Family Computer (juga dikenal dengan "Famicom" dan secara internasional dikenal dengan Nintendo Entertainment System) dan Famicom Disk System. Permainan-permainan pertamanya tidak begitu sukses dan pada tahun 1987 perusahaan ini menghadapi kemungkinan bangkrut. Pada tahun yang sama, pegawai Square Hironobu Sakaguchi ditugaskan untuk menciptakan sebuah permainan yang mungkin jadi adalah permainan terakhir Square. Hasilnya adalah Final Fantasy, sebuah permainan role-playing game untuk Famicom
Yang mana terinspirasi oleh Dragon Quest buatan ENIX, ternyata merupakan karya yang berhasil dengan 400.000 copy yang terjual. Hal ini membuat Square bangkit lagi dan pada akhirnya melakukan merger dengan ENIX menjadi Square Enix. Kadang mereka merilis gamenya sendiri menggunakan nama Squaresoft sebagai nama brand mereka.

Square Enix Holdings Co., Ltd.



Seperti yang sudah diceritakan diatas,  pada tanggal 1 April 2003 Merger antara Square dan Enix terjadi, dengan ENIX sebagai perusahaan yang masih aktif. Dengan perjanjian setiap stock saham Square dihargai 0,85 harga saham ENIX, hal ini dilakukan karna Square sendiri meski sukses pada karya terakhirnya Final Fantasy, masih dalam keadaan yang sulit. Setelah Merger terjadi 80% dari pekerja Square Enix terbentuk dari pegawai Square CO. Sebagai bagian dari Merger, Mantan president Square Yoichi Wada diangkat menjadi President dari Square Enix, sedangkan mantan President Enix Keiji Honda menjadi Wakil President. Pendiri Enix sendiri Yasuhiro Fukushima, saat ini menjadi Ketua Umum dan pemegang saham terbesar dari Square Enix Sendiri.

Seiring berjalannya waktu Square Enix mulai mendirikan Subsidiaries (Anak Perusahaan) di negara lain dan mengambil alih beberapa perusahaan untuk dijadikan anak perusahaan, berikut daftar dari Anak Perusahaan :
  • Square Enix Co ., Ltd (Pusat Perusahaan).
  • Square Enix Montreal
  • Square Enix, Inc. (Amerika Utara).
  • Square Enix Ltd. (Europe/PAL).
  • Square Enix (China) Co., Ltd.
  • Digital Entertaiment Academy Co, Ltd.
  • Square Enix Mobile
  • Taito
  • Visual Works.
  • Shinra Technologies, Inc



sumber : 1 2 3 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar